The Secret Garden

The Secret Garden karya Frances Hodgson Burnett terbit pertama kali pada tahun 1911. Gramedia Pustaka Utama kemudian menerbitkan seri English Classics dalam versi Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. The Secret Garden berbahasa Inggris terbit pada tahun 2018.

Buku ini terdiri dari 344 halaman dan 27 bagian. Cerita dimulai dengan wabah kolera yang terjadi di India dan menewaskan kedua orang tua Mary Lennox. Mary kemudian dibawa kembali ke Inggris untuk tinggal dengan pamannya Mr. Archibald Craven di Misselthwaite Manor. 

Mary digambarkan sebagai anak yang tidak menyenangkan dan tidak memiliki keterampilan apapun, termasuk mengurus dirinya sendiri. Setelah pindah ke Inggris dan tinggal di kediaman keluarga Craven, babak baru kehidupan Mary dimulai. Ia bertemu dengan Martha, pelayan yang kira-kira seusia dengannya dan tinggal di pedesaan tidak jauh dari Misselthwaite Manor. Martha mempunyai saudara laki-laki bernama Dickon, yang akhirnya menjadi teman Mary. 

Belakangan Mary baru mengetahui bahwa di kediamannya saat ini ada anak laki-laki yang usianya tidak terpaut jauh dengannya. Anak laki-laki tersebut sangat pucat dan tampaknya tidak tumbuh dengan wajar. Colin Craven, dia adalah anak tunggal dari Mr. Craven dan mendiang istrinya. Artinya Colin adalah sepupu Mary. 

Tiga serangkai, Mary, Dickon dan Colin memulai petualangan mereka di taman rahasia yang dahulu adalah taman kesayangan almarhumah Ibu Colin. Taman ini menjadi salah satu sumber keajaiban yang mendorong perubahan muncunya perubahan kehidupan Mary dan Colin. Perubahan ini membawa kebahagiaan bagi seluruh penghuni Misselthwaite Manor dan berhasil membawa Mr. Archibald Craven kembali pulang dan berkumpul dengan Colin dan Mary seperti layaknya sebuah keluarga. 

Cerita ini cukup sederhana, tetapi memilki makna yang dalam. Tragedi, kehilangan dan kesedihan mungkin bukan hal-hal yang dapat dielakkan dalam hidup. Namun, bagaimana kita mencari dan menemukan apa yang tersedia dari alam dan hal-hal yang ada di sekitar kita, bisa menjadi sumber daya yang memulihkan. Lepas dari apa yang orang pikirkan dan prediksi tentang kita, apa yang kita pikirkan dan kita pilih lah yang akan menentukan masa depan kita. Selalu ada keajaiban, tergantung bagaimana kita melihat dan mencoba merasakan apa yang tersembunyi, bahkan dari hal-hal sederhana dan mungkin sepele. Bergerak lah, bebaskan pikiran dan perasaanmu. Temukan "taman rahasia"-mu sendiri...


Also available on goodreads.




No comments:

Post a Comment

What I Talk About When I Talk About Running

Belum banyak buku Haruki Murakami yang saya baca. Setelah membaca beberapa buku, saya juga belum memutuskan apakah Haruki Murakami adalah pe...