Robinson Crusoe

 The Life and Adventures of Robinson Crusoe



The Life and Adventures of Robinson Crusoe diterbitkan Gramedia Pustaka Utama pada tahun 2018 dalam kumpulan English Classics. Buku ini terdiri dari 20 chapter dan 424 halaman. Karya ini terbit pertama kali pada 25 April 1719. Cukup menantang untuk membaca dan menyelesaikan buku ini, karena kata-kata yang digunakan cenderung jarang dipakai dalam percakapan sehari-hari. Bagian terpanjang dalam buku ini adalah saat mengisahkan tokoh Crusoe yang terdampar di pulau tak berpenghuni dan bagaimana Ia bertahan hidup. Crusoe yang hidup sendirian dan nyaris tanpa harapan ditemukan bertahun-tahun lamanya juga memunculkan tema spiritualitas. Bagaimana Crusoe tetap "berbicara" kepada Tuhannya. Ia juga bertarung melawan ketakutan, keputusasaan dan kesepian. 

Robinson Crusoe dikisahkan lahir dari keluarga terpandang pada tahun 1632 di York. Ia memiliki pikiran liar dan keinginan yang kuat untuk pergi dari rumah dan bertualang. Hingga akhirnya saat Ia berlayar dan terperangkap badai yang menghancurkan kapal, perahu kecilnya, dan menghempaskan Crusoe ke sebuah pulau kecil. Hanya Ia yang selamat dari badai. Terdampar, sendirian, tanpa perlengkapan yang memadai untuk bertahan hidup. 

Keinginan untuk tidak kehilangan orientasi akan waktu membuat Crusoe mencoba mencatat hari saat ia mulai terdampar, yaitu 30 September 1659. Petualangannya di pulau dimulai saat ia berusia 27 tahun. Agar dapat bertahan hidup Crusoe mengerahkan segala daya upaya dan memanfaatkan sumber daya yang ada di pulau. Ia menerapkan pengetahuannya yang berasal dari peradaban masa kini hingga ia memiliki tempat perlindungan dan ketersediaan pangan yang mencukupi untuk dirinya sendiri. Setelah menjelajah ke seluruh penjuru pulau, ia akhirnya mengetahui ada bahaya lain yang mengintai, dan perlu meningkatkan keamanan dirinya. 

Crusoe akhirnya bisa meninggalkan pulau "miliknya" pada tanggal 19 Desember 1686, 28 tahun, 10 bulan, 19 hari setelah ia terdampar. Ia tiba kembali di Inggris pada tanggal 11 Juni 1687, setelah 35 tahun tidak pulang ke rumah. 

Robinson Crusoe menurut saya bukan cerita yang dimaksudkan untuk menceritakan perjalanan kembali, tetapi bagaimana bertahan dalam kehidupan yang nyaris tanpa harapan. Pengarang tidak terburu-buru menuliskan keajaiban dimana Crusoe ditemukan atau diselamatkan, tetapi bagaimana seseorang bertahan dalam hari-hari tanpa harapan dan kepastian nyaris selama 29 tahun.

Siapa Sebenarnya Robinson Crusoe?

Kisah Robinson Crusoe mungkin diilhami oleh kisah kelasi Skotlandia, Alexander Selkirk. Ia terdampar dan bertahan hidup di sebuah pulau di Samudra Pasifik, yang berada jauh dari pantai Chili pada tahun 1704. Alexander menghabiskan waktu empat tahun dan empat bulan di pantai tersebut, sebelum ditemukan oleh dua kapal Inggris yang berhenti untuk mengambil air bersih dan kayu. 

Para sejarawan telah lama mengetahui "Pulau Robinson Crusoe" adalah pulau dimana Selkrik terdampar. Namun lokasi rumahnya masih tidak diketahui. Pernah ada orang yang melihat reruntuhan batu di ujung jalan setapak yang terbengkalai.

Pada bulan Januari 2005, Takahashi dan tim yang didanai National Geographic Society mulai menggali situs dan menemukan ujung jangka navigasi yang berbahan perunggu, dan diduga hampir pasti milik Alexander Selkirk. 

(National Geographic Indonesia, Oktober 2005)

Tentang Pengarang

Daniel Defoe adalah seorang penulis Inggris yang juga berprofesi sebagai penulis, pedagang, jurnalis. penyebar pamflet (yang pada saat itu digunakan untuk menyebarkan suatu ideologi), dan seorang mata-mata. Ia lahir di London tahun 1660 dan wafat pada 24 April 1731. Karyanya yang terkenal adalah Robinson Crusoe. Karya lainnya dari Defoe adalah sebagai berikut: 

  • The Farther Adventures of Robinson Crusoe
  • Captain Singleton (1720)
  • Mamoirs of Cavalier (1720)
  • A Journal of the Plague Year (1722)
  • Colonel Jack (1722)
  • Moll Flander (1722)
  • Roxana: The Fortunate Mistress (1724)
Temukan juga review Robinson Crusoe di goodreads.






No comments:

Post a Comment

What I Talk About When I Talk About Running

Belum banyak buku Haruki Murakami yang saya baca. Setelah membaca beberapa buku, saya juga belum memutuskan apakah Haruki Murakami adalah pe...